Kamis, 13 Februari 2020

Yon Koeswoyo: Aku Ingin Menghapus Kenangan

Koes Plus dan Koes Bersaudara merupakan pelopor musik rock Indonesia
JUDUL BUKU: Panggung Kehidupan Yon Koeswoyo.
PENULIS: Yon Koeswoyo.
PENYUNTING: M Ch Amien dan Isdiyanto.
DISAIN SAMPUL: Noor Fajar.
PENERBIT: Candra Awe Selaras, Jakarta.
CETAKAN: pertama, Januari 2005.
TEBAL: 175 halaman + Viii.

YON Koeswoyo (1940-2018) identik dengan Koes Bersaudara dan Koes Plus. Di kedua band itu, posisi Yon tetap sama. Yakni sebagai vokalis utama dan juga pemain gitar rhythm.

Meski memiliki keturunan darah biru, Yon, bersama beberapa saudaranya (Tony, Nomo dan Yok), memilih jalan kehidupan yang tidak mriyayi. Mereka lebih suka kencrengan, main musik dan menyanyi.

Buku setebal 157 halaman ini hanyalah potret kecil yang merekam perjalanan pribadi Yon, yang bernama asli Koesyono ini, mulai masa kecilnya di Tuban, Jawa Timur, hingga ke Jakarta tatkala ia menekuni dunia kesenimanannya bersama saudara-saudaranya.

Menurut Yon, buku ini cuma sekelumit kisah dan renungan hidup, sebagai ungkapan rasa syukur atas segala pelajaran hidup yang dilimpahkan oleh-Nya.

Tentu saja, dalam buku ini, tak ketinggalan Yon memaparkan latar belakang di balik sejumlah karya lagunya. Salah satunya yaitu lagu bertajuk Biarlah Berlalu, yang dirilis tahun 1969, dan terdapat pada album pertama Koes Plus.

"Maksudku dalam lagu ini, aku ingin menghapus kenangan sewaktu band masih bernama Koes Bersaudara, yang sempat porak-poranda," tulis Yon.

Selain menyabit-nyabit soal perjalanan kelompok Koes Bersaudara dan Koes Plus, dalam bukunya ini, Yon juga menuliskan sejumlah hal yang terkait dengan kehidupan pribadinya. Seperti saat ia kecil di Tuban, masa-masa puber hingga ke soal prahara rumahtangganya.(djk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RISET DAN INOVASI

Mahasiswa UNAIR Ciptakan Inovasi untuk Pencegahan dan Pengendalian Diabetes   Tim mahasiswa Universitas Airlangga [UNAIR], Surabaya, Jawa T...