Minggu, 23 Februari 2020

Memahami Jawa, Memahami Indonesia

JUDUL BUKU: Kebatinan dan Hidup Sehari-hari Orang jawa -- Kelangsungan dan Perubahan Kulturil.
PENULIS: Niels Mulder.
PENTERJEMAH: Alois A Nugroho.
PENERBIT: Gramedia, Jakarta.
TAHUN: 1984.
TEBAL: 159 halaman + xxiv

JAWA sampai kini adalah pusat politik Indonesia. Pulau ini merupakan kampung halaman etnis paling besar serta paling sophisticated dan boleh jadi paling berpengaruh di antara penduduk Indonesia.

Untuk memahami politik Indonesia, untuk memahami kepemimpinan di Indonesia, setidaknya kita mesti memahami kultur Jawa, memahami cara berpikir dan rasionalitas orang Jawa.

Nah, buku karya Niels Mulder ini dapat menjadi salah satu rujukan untuk memahami kultur Jawa dan memahami cara berpikir serta rasionalitas orang Jawa pada umumnya.

Buku ini sendiri adalah hasil terjemahan dari Mysticism and Everyday Life in Contemporary Java: Cultural Persistence and Change, yang diterbitkan pertama kalli oleh Singapore University Press.

Ada tujuh topik besar yang dikupas dalam buku setebal 159 halaman ini. Yaitu Kebangkitan Mistik Kebatinan Dewasa Ini (Bab 1), Pandangan Dunia Kebatinan (2), Praktik Mistik kebatinan (3), Etika Kebatinan dan Sikap terhadap Hidup (4), Kehidupan Sehari-hari dalam Perubahan Tata Moral - Perspektif Sosial (5), Kehidupan Sehari-hari dalam Perubahan Tata Moral - Perspektif Materil dan Struktur Bermakna dari Pengalaman Kejawaan (7).

Untuk menyusun buku ini, Mulder melakukan penelitian lapangan dengan bermukim di Yogyakarta, antara Mei 1969 hingga Agustus 1970. Menurut Mulder, dipilihnya Yogyakarta sebagai tempat riset karena Yogyakarta lebih benar-benar Jawa dibanding tempat-tempat lainnya.

Mulder menambahkan, dalam anggapan banyak orang Indonesia, Yogyakarta adalah pusat kebudayaan Jawa dan orang-orang Yogya sendiri sering dengan bangga menyebut kota mereka sebagai Kota Kebudayaan.

"Yogya, dan daerah di sekitarnya, merupakan pusat terpenting dari inspirasi mistik di Indonesia, dengan Sultan yang berkuasa dan dua keraton yang berdwifungsi, di mana gagasan-gagasan kejawaan barangkali paling jelas terungkap," tulis Mulder.(djk)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RISET DAN INOVASI

Mahasiswa UNAIR Ciptakan Inovasi untuk Pencegahan dan Pengendalian Diabetes   Tim mahasiswa Universitas Airlangga [UNAIR], Surabaya, Jawa T...