Sabtu, 15 Oktober 2022

Terus Maju dan Berinovasi, Polytron Jadi 'Brand' Kebanggaan Bersama

DULU sekali, saya mesti rutin tiap bulan pergi ke bank untuk membayar sejumlah tagihan. Kini, hal tersebut tak lagi saya lakukan. Saya cukup duduk manis di teras rumah dan hanya menggular-gulir dan meng-klak-klik gawai untuk membayar tagihan bulanan -- dari mulai tagihan air, listrik, telepon, asuransi, kartu kredit, hingga arisan keluarga. Mudah. Praktis. Irit waktu, biaya, dan tenaga.

Aplikasi MyPolytron. Foto: Djoko ST.
Begitu juga sewaktu harus berbelanja membeli sejumlah barang. Kini saya lebih banyak mengandalkan fasilitas yang ada di situs dan aplikasi belanja online

Maka, ketika bulan lalu kulkas satu-satunya yang kami miliki dan telah setia menemani keluarga kami selama hampir 25 tahun itu rusak total, saya pun langsung berselancar di dunia maya, saya manfaatkan aplikasi MyPolytron yang terpasang di ponsel pintar saya untuk melakukan pencarian kulkas. 

Begitu masuk ke aplikasi MyPolytron yang didominasi warna merah dan putih itu, saya pun langsung menuju menu Katalog Produk. Saya ketik "kulkas" di kolom cari,dan segera muncul sejumlah produk kulkas Polytron.

Saya amati satu per satu. Setelah menimbang dan memperhatikan dengan seksama, ada dua kulkas yang saya taksir. Yang pertama, Polytron Kulkas 1 Pintu  Metallic Series 170 Liter PRB 179R. Dan yang kedua, Polytron Kulkas 1 Pintu Metalic 170 Liter PRB 177PB.

Saat saya sodorkan kedua pilihan saya itu ke istri saya, ia manggut-manggut. 

"Ibu mah suka yang ini," kata istri saya, menunjukkan gambar kulkas Polytron PRB 177PB yang ada di layar ponsel saya.

 "Ya, sudah, ayah masukkan dulu ke keranjang," kata saya sembari menekan gambar keranjang belanjaan.

Perkenalan pertama

Polytron bukan brand yang asing bagi saya. Menoleh sedikit ke belakang, perkenalan pertama saya dengan produk Polytron adalah saat saya duduk di bangku SMA. Saya masih ingat waktu itu ayah saya, di suatu petang, mengajak ke toko elektronik dan membelikan radio cassette Polytron. 

Kala itu, selepas mengambil raport di sekolah dan mengetahui saya masuk peringkat lima besar di kelas, petang harinya ayah mengajak saya ke toko barang elektronik dan membelikan saya Polytron Grand Bazzoke sebagai hadiah.

Kebiasaan saya belajar sembari ditemani musik dari siaran radio ataupun tape casette, rupanya menjadi alasan utama kenapa ia memberi hadiah tersebut.

Sampai sekarang hadiah dari ayah itu masih saya simpan. Meski tampilannya sudah kusam, Grand Bazzoke itu masih berfungsi dengan baik. Sesekali, saya masih menyalakannya untuk mendengar siaran dari stasiun radio favorit saya atau memutar kaset-kaset lawas, untuk sekadar bernostalgia.

Grand Bazzoke Polytron. Foto: Djoko ST.

Kefamiliaran saya dengan Polytron tentu saja mendorong saya langsung memasang aplikasi MyPolytron di ponsel saya begitu mengetahui aplikasi ini diluncurkan.

Lewat aplikasi MyPolytron, saya jadi tidak pernah ketinggalan informasi terkait produk-produk inovatif terbaru yang dikeluarkan Polytron. 

Lewat MyPolytron pula saya dapat mengetahui berita-berita yang terkait dengan Polytron, yang September lalu genap berusia 47 tahun. Pada momen perayaan ulang tahun ke-47 ini, Polytron mengapungkan tagline "Maju untuk Terus Berinovasi dan Bernilai."

Sudah barang tentu, bukan tanpa alasan tagline itu dipilih. Bagaimanapun, maju dan berinovasi menjadi kunci bagi perusahaan bisnis manapun agar bisa terus survive di era kekinian.Tentu saja, langkah maju dan terus berinovasi ini harus senantiasa diarahkan agar mampu memberi nilai yang lebih bermakna bagi masyarakat.

Sekilas sejarah

Polytron berdiri pada 18 September 1975, di Kudus, Jawa Tengah. Produk pertama yang dikeluarkan waktu itu adalah televisi hitam putih 20 inci dengan merek Polytron.

Kini, produk-produk Polytron semakin beragam. Sekadar ilustrasi, tahun 2021 lalu, tak kurang dari dua puluh produk diluncurkan Polytron. Di antaranya yaitu Polytron Air Purifier, Multipurpose Sterilizer Box dengan tipe PUV 122W, alat masak Tiarapot Pro, produk audio PAS 8SCA22, showcase tipe SCN 7 series, air conditioner Smart Neuva Ice, mesin cuci tipe PFL Polytron Front Loading yang telah dilengkapi dengan Direct Drive Inverter, televisi layar lebar Mini LED Quantum dengan tipe PLD 85UV5903 dan beberapa produk lainnya.

Dengan produk-produknya yang inovatif, berteknologi, dan bernilai, Polytron telah berulang kali menyabet penghargaan. Ini menjadi bukti bahwa produk-produk Polytron memang istimewa, berkualitas, dan selalu diterima serta diapresiasi oleh khalayak dengan baik.

Penghargaan untuk Polytron. Dok.Polytron via infobrand.id.
Keberadaan Polytron sendiri sekarang ini sesungguhnya bukan saja untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan produk-produk elektronik berkualitas dan berteknologi, tetapi juga turut membantu perekonomian nasional lantaran perusahaan ini memperkerjakan lebih dari 10.000 orang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Polytron saat ini telah memiliki tiga pabrik yang berlokasi di Kudus dan Sayung, Jawa Tengah. Polytron juga telah memiliki layanan after sales yang tersebar di lebih dari 58 outlet di seluruh Indonesia.

Saya percaya, sebagaimana tagline yang diapungkan pada momen hari jadinya yang ke-47 tahun, Polytron bakal terus maju, terus berinovasi, dan bernilai.

Dengan begitu, Polytron akan selalu mampu menyuguhkan produk-produk terbaiknya bagi segenap pelanggannya sehingga membuat produk-produk Polytron menjadi brand kebanggaan dan pilihan teratas khalayak.

Sukses untuk Polytron. Selamat merayakan hari jadinya yang ke-47. Terus maju. Terus berinovasi. Dan terus bernilai.***

--

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

RISET DAN INOVASI

Mahasiswa UNAIR Ciptakan Inovasi untuk Pencegahan dan Pengendalian Diabetes   Tim mahasiswa Universitas Airlangga [UNAIR], Surabaya, Jawa T...